Minggu, 28 September 2014

PSK dan Mucikari di Banyuwangi Diajak Alih Profesi Jadi TKI

PSK dan Mucikari di Banyuwangi Diajak Alih Profesi Jadi TKI

www.nytimes.com
Ilustrasi - Lokalisasi Saritem 
Penghuni lokalisasi Sumber Loh, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, mendapat tawaran sebagai pekerja migran di luar negeri apabila berhenti dari profesi mereka saat ini.
Kesempatan ini, diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi seiring rencana penutupan lokalisasi terbesar di Banyuwangi tersebut.
Kepala Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi Alam Sudrajat mengatakan, penghuni lokalisasi, baik itu pekerja seks maupun mucikari akan difasilitasi untuk bekerja di luar negeri dan juga transmigrasi.
Dinas Sosial juga akan bekerjasama dengan perusahaan pengerah tenaga kerja untuk proses pelatihan dan pemberangkatan ke luar negeri.
"Kami sudah beberapa kali sosialisasi kepada penghuni Sumber Loh, dan kami juga sudah bicara dengan perusahaan pengerah jasa tenaga kerja ," kata Alam, Selasa (22/4/2014).
Hanya, kata Alam, hingga saat ini belum ada pekerja seks ataupun mucikari yang menyambut tawaran untuk bekerja ke luar negeri ataupun bertransmigrasi.
Sejauh ini, penghuni lokalisasi lebih tertarik mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan, seperti merias wajah dan memotong rambut dan membuat kerajinan dan membuat makananan olahan.
"Pada dasarnya kami ingin memberdayakan para PSK atau penghuni lokalisasi lainnya seiring rencana penutupan lokasisasi Sumber Loh pada tahun ini," ucapnya.
Lokalisasi Sumber Loh yang dihuni 94 pekerja seks komersial menjadi satu-satunya lokalisasi belum berhasil ditutup.
Sebelumnya, 10 lokalisasi lain sudah ditutup secara bertahan sejak 2013 dan penghuninya menjalani proses rehabilitasi.
Pemkab Banyuwangi sendiri telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar untuk menutup lokalisasi Sumber Loh. Para PSK maupun mucikari akan mendapatkan dana sekitar Rp5juta sebagai bantuan dan permodalan untuk usaha. (http://m.tribunnews.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar