Siapa yang sangka, Gang Dolly kini bisa berubah menjadi lebih baik? Terutama di area seni. Gang Dolly, yang dulu dicap sebagai tempat ‘negatif’ karena merupakan tempat lokalisasi itu, kini disulap  tetap hidup dengan wajah barunya sebagai kampung wisata mural. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap tidak meninggalkan warga Dolly begitu saja setelah ditutupnya lokalisasi yang menjadi nafas utama kehidupan di kampung ini. Gang Dolly mampu bangkit dan berbenah diri dengan menjadikan keterampilan-keterampilan setiap individunya agar lebih berguna. Salah satunya, adalah menjadikan seni sebagai daya tarik agar kampung tersebut tetap bisa dikunjungi dan tidak mati.

Kampung wisata mural ini merupakan bagian dari Kampung Wisata Inspirasi Dolly. Pemkot Surabaya membagi beberapa tempat dan disesuaikan dengan aspek yang ditonjolkan. Beberapa tempat tersebut adalah kampung Hijau, kampung Seni dan kampung oleh-oleh. Konsep untuk menghidupkan kembali Dolly ke arah yang lebih baik ini dibantu kelompok yang bernama Gerakan Melukis Harapan. Tak hanya dibidang seni, kelompok ini juga mendampingi warga untuk dibekali pengetahuan lebih tentang kesehatan, lingkungan, ekonomi pun dibidang keagamaan. Kelompok tersebut akan tetap mendampingi warga hingga nanti para warga mampu mandiri untuk menjalankan Kampung Wisata Inspirasi Dolly ini.
Bagi para pecinta selfie dan fotografi, kampung ini sangat pas untuk tujuan pencarian spot untuk berfoto. Jika bingung mencari tempat unik untuk mendapatkan foto bagus, kampung inspirasi Dolly bisa masuk dalam list tujuan. Tempat foto unik dengan gambar menakjubkan karya anak negeri dan bisa sekaligus berbelanja hasil kerajinan, berwisata tak perlu hal yang berlebihan bukan? (bisnissurabaya.com)