Selasa, 10 Januari 2017

Ternyata Sinonim “pelacur” Sangat Banyak


Pada sore tanggal 15 Syakban 1432 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 16 Juli 2011, iseng-iseng saya buka-buka Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa. Sepengetahuan saya tesaurus ini adalah tesaurus bahasa Indonesia yang kedua yang pernah terbit. Kegiatan membuka tesaurus pada waktu itu ini bukan sengaja hendak mencari padanan kata atau yang lainnya, tapi seperti saya katakan sebelumya, cuma iseng.
Ketika membuka halaman tesaurus ini dengan asal-asalan ternyata tepat pada halaman 325 tepat bagian awal lema “L”. Pada bagian akhir halaman ini terdapat lema turunan lema lacur yaitu pelacur. Pada mulanya saya kira sinonim kata lacur hanya sebatas akhir halaman ini, ternyata dugaan saya salah. Masih ada empat sinonim kata pelacur pada halaman berikutnya.

Masih dengan iseng-iseng saya menghitung jumlah sinonim kata pelacur ternyata banyak juga yaitu 30 buah kata. Berturut-turut adalah sebagai berikut: ayam kampung (ki); balon; bondon; bunga latar; bunga raya; cabo; gigolo; gongli; hostes; jobong; kembang latar (ki); kupu-kupu malam; lanji; loktong; lonte; lucah; moler; nyamikan (ki); pandiang; pekcun; pemijat; pendayang; penghibur; perek; pinang muda; pramunikmat; pramuria; sundal; tunasusila. Dari ketigapuluh kata-kata ini sebagian saya sudah mengenalnya dan sebagia lagi baru mendengar (eh salah) membaca dalam tesaurus ini.
Sebelum membaca dalam tesaurus, saya sudah pernah mendengar kata ayam kampung; kupu-kupu malam; dan gongli dari lagu. ayam kampung dari lagu Keong Racun yang mendadak ngetop karena ulah Sinta dan Jojo di Youtube. kupu-kupu malam akrab di telinga karena dipopulerkan oleh Titiek Puspa dan dirilis ulang oleh Peterpan. Kata gongli saya mendengar dari lagu Iwan Fals yang berjudul Gali Gongli.
Kata lain yang pernah saya baca dan dengar sebelum baca dalam tesaurus adalah: balon dan lonte yaitu dari siaran Pojok Kampung JTV berarti kedua kata tersebut merupakan bahasa Jawa; gigolo; hostes; sundal; pramuria; dan perek pernah saya dengar dari bacaan, entah bacaan apa saja saya lupa. Mungkin dari cerpen dan berita di koran.
Baca Juga: MAKNA KATA TEMPIK
Agar bisa mengerti kesmua sinonim kata pelacur maka saya konfirmasi kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat. Agar lebih mudah saya menuliskan pengertian yang saya temukan di KBBI dan tanpa perlu pusing-pusing memikirkan logika penyusunan kalimat maka saya tuliskan saja apa adanya dari KBBI.
ayam kampung: gadis desa yang dijadikan pelacur; tepat dibawah ayam kampung juga ada ayam kampus: mahasiswi yang merangkap sebagai pelacur (KBBI 2008:105).
balon: jw pelacur (KBBI 2008:127), kode jw berarti berasal dari bahasa Jawa.
Lema bondon tidak saya temukan dalam KBBI.
bunga latar dan bunga raya sama-sama turunan dari lema bunga, keduanya bermakna pelacur (KBBI 2008:223).
cabo Jk wanita tunasusila; perempuan lacur; pelacur; sundal (KBBI 2008:231) kode Jk berarti berasal dari Jakarta.
gigolo: 1 laki-laki bayaran yang dipelihara seorang wanita sebagai kekasaih; 2 laki-laki sewaan yang pekerjaannya menjadi pasangan berdansa (KBBI 2008:451).
gongli: gadis yang melacurkan dirinya untuk kesenangan semata-mata tanpa memerlukan uang bayaran (KBBI 2008:458).
hostes: wanita yang pekerjaannya menerima, menjamu, dan menghibur tamu (di hotel, kelab malam, bar, dsb) (KBBI 2008:507).
jobong: Jk pelacur; wanita piaraan (KBBI 2008:586).
kembang latar: pelacur (KBBI 2008:662).
kupu-kupu malam: wanita tunasusila; pelacur (KBBI 2008:760).
lanji: ark pelacur (KBBI 2008:786) kode ark merupakan kependekatan dari arkais, berarti sudah jarang digunakan oleh penutur bahasa Indonesia.
loki: Cn (perempuan) pelacur; loktong (KBBI 2008:839) kode Cn berarti kata tersebut diserap dari bahasa Cina.
loktong dirujukkan kembali ke loki (KBBI 2008:839).
lonte: kas perempuan jalang; wanita tunasusila; pelacur; sundal; jobang; cabo; muci (KBBI 2008:842) kode kas berarti merupakan ragam bahasa kasar.
lucah: hina sekali; tidak sopan; tidak senonoh; cabul (KBBI 2008:844).
moler: 1 sundal; pelacur; 2 pelacuran (KBBI 2008:926).
nyamikan: wanita untuk pelepas hawa nafsu; pelacur (KBBI 2008:971).
pandiang tidak ditemukan lema ini dalam KBBI.
pekcun saya juga tidak menemukan lema ini dalam KBBI.
pemijat, pendayang, penghibur sudah jamak diketahui maknanya oleh penutur bahasa Indonesia.
Baca Juga: MAKNA KATA SERONOK
perek tidak saya temukan dalam KBBI tapi sepengetahuan saya yang terbatas ada teman yang mengartikan perempuan eksperimen. Maksudnya ya tetap pelacur. Tapi ada juga yang mengartikan banci.
gabungan morfem pinang muda juga tidak ada dalam KBBI. KBBI saja tidak tahu apalagi saya. hehehe.
pramunikmat tidak saya temukan dalam KBBI tapi jika boleh ngotak ngatik ben gatuk (mencocok-cocokkan) pramunikmat adalah pelayan yang memberikan kenikmatan.
pramuria: karyawati kelab malam yang bertugas melayani dan menemani tamu; hostes (KBBI 2008:1098).
sundal: 1 buruk kelakuan (tentang perempuan); lacur; jalang; 2 perempuan jalang; pelacur (KBBI 2008:1355).
tunasusila: tidak mem(p)unyai susila; lonte; pelacur (KBBI 2008: 1502).
Saya telah berusaha menjabarkan seluruh sinonim kata pelacur. Semoga bisa bermanfaat, bukan untuk mengumpat pada orang lain. Tapi kita bisa mengerti jika ada orang yang mengolok kita dengan salah satu sinonim dari kata pelacur.
Jika ada kesalahan dan pendapat lain silahkan memberikan saran memlalui komenter.
Terima Kasih. (https://muntijo.wordpress.com/2011/07/18/ternyata-sinonim-pelacur-sangat-banyak/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar